RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SLB Ananda Mandiri
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan : SMPLB – C
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu : 4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
C. Indikator
@ Menjelaskan rangka manusia
@ Menjelaskan fungsirangka manusia
D. Tujuan Pembelajaran**:
o Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü rangka kepala
ü rangka badan
ü rangka anggota gerak
ü sendi
secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian
( carefulness)
o Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
o Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
& Karakter siswa yang diharapkan :
|
F Disiplin ( Discipline ),
F Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
F Tekun ( diligence ) ,
F Tanggung jawab ( responsibility )
F Ketelitian ( carefulness)
|
E. Materi Essensial
Rangka dan Panca Indera Manusia
o Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
o Fungsi rangka (hlm.6)
Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . It serves as a scaffold which supports organs, anchors muscles, and protects organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest bone in the body is the femur in the thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear . Tulang terbesar dalam tubuh adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . In an adult, the skeleton comprises around 30-40% of the total body weight, [ 1 ] and half of this weight is water. Dalam orang dewasa, tulang terdiri dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1] dan setengah dari berat ini adalah air.
Fused bones include those of the pelvis and the cranium . tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Not all bones are interconnected directly: there are three bones in each middle ear called the ossicles that articulate only with each other. Tidak semua tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain. The hyoid bone , which is located in the neck and serves as the point of attachment for the tongue , does not articulate with any other bones in the body, being supported by muscles and ligaments. The tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.
F. Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan 1
| |||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
| ||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang rangka manusia
F Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendeskripsikan rangka manusia:
- rangka kepala
- rangka badan
- rangka anggota gerak
- sendi
F Siswa menyebutkan rangka kepala
F Siswa menyebutkan rangka badan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya
|
( 50 menit)
| ||||||||
(5 menit)
| |||||||||
o Mengambar rangka badan manusia
| |||||||||
Pertemuan 2
| |||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o Mengumpulkan pekerjaan rumah
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
| ||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Mendeskripsikan Rangka anggota gerak
F Mendeskripsikan Sendi :
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness).
F Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.
F Melakukan kegiatan
F Membuat kesimpulan dari kegiatan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi
|
(50 menit)
| ||||||||
(5 menit)
| |||||||||
F Mengambar rangka badan manusia
| |||||||||
Pertemuan 3
| |||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
| ||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
F Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan
F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
- Lordosis
- Kifosis
- Skoliosis
F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur..
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.
|
(50 menit)
| ||||||||
(5 menit)
| |||||||||
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor
|
H. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan Unjuk kerja
|
Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya.
|
I. Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
| ||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
| |||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SLB Ananda Mandiri
( BASUKI RAKHMAT, S.Pd )
NIP: 196905122007011010
|
..... Oktober 2011
Guru Kelas
( N U R I M A M )
NIP: -
|
0 komentar:
Posting Komentar