Home » » PENETAPAN KKM

PENETAPAN KKM

MEKANISME PENETAPAN KKM
A. Prinsip Penetapan KKM
     Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal perlu mempertimbangkan beberapa
     ketentuan sebagai berikut:
1. Penetapan KKM merupakan kegiatan pengambilan keputusan yang dapat
    dilakukan melalui metode kualitatif dan atau kuantitatif. Metode kualitatif
    dapat dilakukan melalui professional judgement oleh pendidik dengan
    mempertimbangkan kemampuan akademik dan pengalaman pendidik
    mengajar mata pelajaran di sekolahnya. Sedangkan metode kuantitatif
    dilakukan dengan rentang angka yang disepakati sesuai dengan penetapan
    kriteria yang ditentukan;
2. Penetapan nilai kriteria ketuntasan minimal dilakukan melalui analisis
    ketuntasan belajar minimal pada setiap indikator dengan memperhatikan
    kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik untuk mencapai
    ketuntasan kompetensi dasar dan standar kompetensi
3. Kriteria ketuntasan minimal setiap Kompetensi Dasar (KD) merupakan ratarata
    dari indikator yang terdapat dalam Kompetensi Dasar tersebut. Peserta
    didik dinyatakan telah mencapai ketuntasan belajar untuk KD tertentu
    apabila yang bersangkutan telah mencapai ketuntasan belajar minimal yang
    telah ditetapkan untuk seluruh indikator pada KD tersebut;
4. Kriteria ketuntasan minimal setiap Standar Kompetensi (SK) merupakan
    rata-rata KKM Kompetensi Dasar (KD) yang terdapat dalam SK tersebut;
5. Kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran merupakan rata-rata dari
    semua KKM-SK yang terdapat dalam satu semester atau satu tahun
    pembelajaran, dan dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar (LHB/Rapor)
    peserta didik;
6. Indikator merupakan acuan/rujukan bagi pendidik untuk membuat soal-soal
    ulangan, baik Ulangan Harian (UH), Ulangan Tengah Semester (UTS)
    maupun Ulangan Akhir Semester (UAS). Soal ulangan ataupun tugas-tugas
    harus mampu mencerminkan/menampilkan pencapaian indikator yang
    diujikan. Dengan demikian pendidik tidak perlu melakukan pembobotan
    seluruh hasil ulangan, karena semuanya memiliki hasil yang setara;
7. Pada setiap indikator atau kompetensi dasar dimungkinkan adanya
    perbedaan nilai ketuntasan minimal.

FORMAT PENETAPAN KKM

Satuan Pendidikan       : TKLB
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kls/Jns Kelainan/Smt :  I/B/II
Tahun Pelajaran          : 2009/2010

Kompetensi Dasar/Indikator Pencapaian
Standar Ketuntasan Minimal
Kriteria Penentuan KKM
Jumlah
Nilai KKM
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake Siswa
SK : 1. Mengenal suara-suara yang ada di sekitar.





KD : 1.1 Mengidentifikasi ada atau tidak ada suara.





1. Mengenal ada atau tidak adanya suara di sekitar.
71
70
85
226
75,33
2. Membedakan suara-suara yang ada di sekitar.
56
60
70
186
62
RATA-RATA KKM PER KD




68,66
KD : 1.2 Menanggapi suara-suara di sekitar yang teridentifikasi dengan berbagai reaksi.





1. Memberikan reaksi bila mendengar bunyi/sura.
85
70
70
225
75
RATA-RATA KKM PER KD




75
RATA-RATA KKM PER SK




71,83
SK : 2. Mengenal suara rabanan atau huruf-huruf dan kata-kata yang diucapkan.





KD : 2.1 Mengidentifikasi ada atau tidak ada suara rabanan atau huruf-huruf dan kata-kata yang diucapkan.





1. Mengenal ada atau tidak adanya suara rabanan atau huruf-huruf dan kata-kata.
56
65
80
200
66,67
2. Membedakan suara-suara rabanan atau huruf-huruf dan kata-kata.
60
60
70
190
63,33
RATA-RATA KKM PER KD




65,00
KD : 2.2 Menirukan rabanan atau huruf-huruf dan kata-kata yang diperdengarkan.





 1. Mengucapkan rabanan atau huruf-huruf dan kata-kata sesuai dengan yang dicontohkan.
71
70
85
226
75,33
RATA-RATA KKM PER KD




75,33
RATA-RATA KKM PER SK




70,17
SK : 3. Mengucapkan bunyi-bunyi huruf.





KD : 3.1 Mengucapkan bunyi huruf-huruf vokal.





1.Bentuk-bentuk mulut dalam pengucapan bunyi huruf-huruf vokal.
86
75
75
236
78,67
2. Suara dalam pengucapan bunyi huruf-huruf vokal.
85
85
85
255
85
RATA-RATA KKM PER KD




81,83
KD : 3.2 Mengucapkan bunyi huruf-huruf konsonan
bilabial.





1.Bentuk-bentuk mulut dalam pengucapan bunyi huruf-huruf konsonan bilabial.
71
80
75
226
75,33
2. Suara dalam pengucapan bunyi huruf-huruf konsonan bilabial.
72
80
76
228
76
RATA-RATA KKM PER KD




75,66
KD : 3.3 Mengucapkan bunyi huruf-huruf konsonan
lainnya. 





1.Bentuk-bentuk mulut dalam pengucapan bunyi huruf-huruf konsonan lain.
56
70
73
199
66,33
2. Suara dalam pengucapan bunyi huruf-huruf konsonan lain.
56
60
65
181
60,33
RATA-RATA KKM PER KD




63,33
RATA-RATA KKM PER SK




73,61
SK : 4. Memperkenalkan diri sendiri, dan fungsi anggota tubuh serta benda-benda di sekitar.






KD : 4.1 Melakukan percakapan tentang diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat.





1. Mengenal diri sendiri.
70
70
70
210
70
2. Menyampaikan ide tentang diri sendiri.
50
70
56
176
58,66
RATA-RATA KKM PER KD




64,33
KD : 4.2 Melakukan percakapan tentang nama dan fungsi anggota tubuh, serta benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat.





1. Mengenal nama dan fungsi anggota tubuh.
71
75
70
216
72
2. Mengenal nama-nama dan fungsi benda-benda di sekitar.
75
72
70
217
72,33
RATA-RATA KKM PER KD




72,16
RATA-RATA KKM PER SK




68,25
SK : 5. Menirukan kata, dan kalimat sederhana.





KD : 5.1 Membaca beberapa kata sederhana.





1. Mampu menirukan ucapan kata-kata sederhana.
86
85
80
251
83,66
2. Mampu membaca kata-kata sederhna.
65
70
65
200
66,66
RATA-RATA KKM PER KD




75,16
KD : 5.2 Membaca
kalimat sederhana.





1. Mampu menirukan ucapan kalimat sederhana.
70
70
66
206
68,66
2. Mampu membaca kalimat sederhna.
57
60
60
177
59
RATA-RATA KKM PER KD




63,83
RATA-RATA KKM PER SK




69,49
SK : 6. Menampilkan tulisan permulaan.





KD : 6.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, dan huruf.





1. Mampu menebalkan bentuk-bentuk gambar.
95
85
85
265
88,33
2. Mampu menebalkan bentuk-bentuk huruf.
90
85
85
260
86,66
RATA-RATA KKM PER KD




87,49
KD : 6.2 Mencontoh menulis gambar, huruf, dan kata.





1. Mampu mencontoh membuat bentuk-bentuk gambar.
80
76
73
229
76,33
2. Mampu mencontoh menulis huruf dan kata.
73
72
71
216
72
RATA-RATA KKM PER KD




74,16
RATA-RATA KKM PER SK




80,83
RATA-RATA KKM SEMESTER 1




72,36
KKM SEMESTER 1




72

Keterangan :
Kriteria Penilaian : 1. Kompleksitas                  : Sangat Tinggi  = > 56
                                                                                      Tinggi               = 56-70
                                                                                      Sedang              = 71-85
                                                                                      Rendah             = 86-100
   2. Daya Dukung & Intake Siswa   :
      Sangat Tinggi  = 86-100
                                                                                      Tinggi               = 71-85
                                                                                      Sedang              = 56-70
                                                                                      Rendah             = > 56

                    

   Januari  2010
 Mengetahui :                                                         Guru Pengajar
Pengawas PLB



0 komentar:

Posting Komentar

Support :
ABBAS Android Blogger Karawang