Home » » TIPS MEMBELI TABLET ANDROID

TIPS MEMBELI TABLET ANDROID


1. Layar
Mengapa kami menjadikan layar sebagai poin paling penting dalam membeli tablet Android? Tentu saja karena interaksi user dengan tablet adalah terutama pada bagian layarnya. Pilihlah layar yang memiliki ukuran resolusi yang baik. Untuk tablet Android dengan ukuran layar 7 inch resolusi yang ideal menurut kami adalah 1024 x 768 pixels. Sedangkan untuk masalah ukuran layar, sobat dapat memilih yang sesaui dengan selera sobat. Kemudian perlu diperhatikan juga mengenai kesensitifan layar. Layar capacitive lebih sensitif dibandingkan dengan layar berjenis resistive dan perlu di ingat juga meskipun sama-sama mengusung jenis layar capacitive tingkat sensitifitas layar dapat berbeda-beda untuk merek tablet Android yang berbeda. Jika sobat memiliki budget yang mencukupi maka sebaiknya pilih tablet dengan teknologi layar anti gores seperti Gorilla Glass. Namun jika tidak sobat dapat mensiasatinya dengan melapisi layar dengan lapisan anti gores yang mudah dicari di toko-toko aksesori handphone.

2. CPU dan RAM
Setelah layar komponen terpenting kedua adalah CPU dan RAM. CPU terdiri processor dan chip grafis, sedangkan RAM merupakan kapasitas memori (berbeda dari memori penyimpanan internal atau eksternal). Komponen-komponen tersebut merupakan pendukung utama peforma tablet Android. Semakin tinggi kualifikasi processor, chip grafis dan RAM maka semakin powerful tablet Android sobat untuk menjalankan berbagai aplikasi. Sebelum membeli tablet Android, sebaiknya sobat perlu mengetahui spesifikasi CPU dan RAM tablet tersebut. Sebisa mungkin pilihlah processor dengan kecepatan clock dan kapasitas RAM terbesar disesuaikan dengan budget sobat. Jangan terlalu mengandalkan software benchmarking untuk menilai peforma sebuah tablet Android, sebisa mungkin cobalah menggunakan langsung untuk merasakan peformanya.

3. Operating System dan Software
Untuk masalah operating system, sebenarnya juga tergantung selera. Akan tetapi kami yakin kebanyakan dari sobat pasti akan memilih tablet Android dengan versi OS Android terbaru. Sampai tulisan ini ditulis OS Android terbaru adalah versi 4.2 dengan codename Jelly Bean. Semakin baru OS Android yang dipakai maka semakin banyak benefit yang kita dapatkan.Kemudian perlu diperhatikan juga kemampuan update tablet Android yang akan sobat pilih.

4. Konektivitas Data
Sebenarnya fitur konektivitas data juga merupakan bagian yang penting untuk sebuah tablet Android. Penggunaan sebuah tablet Android tentu akan terasa hambar jika tidak terkoneksi dengan jaringan internet. Banyak vendor yang menawarkan berbagai pilihan konektivitas data untuk tablet Android yang mereka keluarkan. Ada tablet Android yang tidak memiliki dukungan terhadap SIM card sehingga tidak mendukung jaringan GPRS atau CDMA dan koneksi internet hanya bisal dilakukan menggunakan koneksi Wi-Fi atau memasang modem eksternal. Untuk tablet Android dengan dukungan SIM card tersedia berbagai pilihan jaringan mulai dari yang hanya mendukung GPRS saja hingga dukungan terhadap jaringan HSDPA. Silahkan sobat pilih standar konektivitas data yang sobat inginkan untuk sebuah tablet Android.

5. Fitur-fitur Penunjang
Fitur-fitur penunjang ini antara lain kamera, USB port, HDMI port, garansi, dan purna jual. Hal-hal tersebut juga perlu sobat perhatikan ketika ingin membeli tablet Android.

Harga juga menjadi pertimbangan utama sebelum membeli membeli sebuah tablet. Biasanya vendor tablet Android akan melakukan strategi efisiensi supaya dapat menawarkan produk dengan harga yang lebih murah. Mereka akan mengurangi kualitas salah satu/ beberapa fitur tablet Androidnya untuk dapat memaksimalkan fitur lainnya. Seperti misalnya spesifikasi kamera dibuat seminim mungkin dan sebagai gantinya kualitas layar dibuat lebih baik dibandingkan dengan tablet lain dengan harga yang sama. Jadi pintar-pintar lah sobat memilih.

Jika sobat memiliki budget yang tidak terbatas tentu sobat dapat langsung memilih tablet Android mahal dengan kualitas yangtidak perlu diragukan, karena sebanding dengan harganya. Namun jika sobat memiliki budget yang terbatas tentu perlu banyak pertimbangan sebelum memutuskan ingin memilih tablet Android yang mana untuk dibeli. Itulah 5 poin penting dalam Tips Membeli Tablet Android. Semoga bermanfaat untuk sobat Androbana.

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus

Support :
ABBAS Android Blogger Karawang